PENELITIAN : HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR
Judul Penelitian:
HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR
(Penelitian ttg adaptasi kurikulum ini dilakukan di sekolah inklusif SD Semut-Semut the Natural School di Depok, yang ditangani oleh unit LSD (Learning Support Department).
Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal “ PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan – Vol. 30 No. 1 April 2016 ” )
Peneliti : Suharsiwi (e-mail : suharsiwisoeratman@gmail.com)
Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ciputat.
ABSTRAK :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru sekolah dasar mengadaptasi kurikulum, dengan fokus pada kesulitan yang dihadapi oleh anak-anak, bagaimana membuat adaptasi kurikulum, dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan guru dalam pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan sosial
emosional di SD Semut-Semut the Natural School, Kelapa Dua, Depok memiliki IQ bawah rata-rata, kesulitan berinteraksi, berkomunikasi dan kemandirian. Mereka berada di kelas rata-rata di kelas reguler antara 50% – 75%, sebagian besar waktu lainnya dalam Departemen Bantuan Pembelajaran, belajar secara individual atau sekitar 3-4 anak.
Seperti yang terlihat dari adaptasi kurikulum kemampuan yang ada pada anak-anak secara terbatas. Anak-anak yang belum mampu beradaptasi di kelas reguler, program ini dipergunakan untuk mengembangkan aspek sosial dan pembekalan membaca, menulis, dan menghitung untuk persiapan mereka di kelas reguler.
Kata-kata Kunci: adaptasi kurikulum, hambatan sosial emosional, kebutuhan khusus.
KESIMPULAN:
….. Adaptasi kurikulum yang dilakukan di SD Semut-Semut the Natural School dapat menjadi salah satu model penanganan anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar.
Adaptasi kurikulum yang dilakukan disekolah, telah menjadi sistem yang cukup signifikan dalam mengembangkan kemampuan individu anak
dengan gangguan sosial emosional di SD Semut-Semut the Natural School.
Selanjutnya, dapat dilihat di sumber aslinya: Penelitian kualitatif: ADAPTASI KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF SISWA DENGAN
HAMBATAN SOSIAL EMOSIONAL DI SEKOLAH DASAR
Diterbitkan pada jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan – Vol. 30 No. 1 April 2016