TIM ADMIN DAN PELAYANAN SEKOLAH YANG BAIK
Jika Anda berkunjung ke sekolah Semut-Semut the Natural School, tentu anda berharap akan menerima pelayanan sekolah Semut-Semut yang ramah, baik, cepat, dan berkualitas.
Pelayanan sekolah yang baik merupakan cermin energi sekolah. Jika dirasakan pelayanan sekolah berjalan dengan baik, berarti secara keseluruhan sekolah beroperasi dengan tertib dan baik. Oleh karena itu, pelayanan harus terus ditingkatkan, dengan melakukan perbaikan terus-menerus meningkat agar kesemuanya makin baik lagi.
PELAYANAN YANG BAIK
Sejatinya, sekolah adalah kegiatan sosial jasa pendidikan. Sebagai kegiatan jasa, tentu pelayanan menjadi faktor yang penting.
Semua pihak dapat merasakan pelayanan sekolah tersebut. Baik bagi siswa, orangtua, para guru dan karyawan sendiri, juga pihak ketiga lainnya seperti tamu, kolega sekolah, dan tentu saja jajaran Dinas Pendidikan Kota Depok.
Kegiatan pelayanan sekolah Semut-Semut diawali dari unit Administrasi ini. Selanjutnya juga ada bagian lain seperti unit HRD (Human Resource Development), unit Keuangan, unit Logistik, dan BPA — yang akan kita bahas kemudian.
Ruangannya Administrasi ini terletak di paling depan area sekolah, di pintu masuk gerbang utama. Ruangan yang sederhana, bernuansa etnik.
Di sini, tim administrasi sekolah yang dipimpin oleh Ibu Nurmala, akan melayani Bapak/Ibu orang tua murid dengan ramah.
DARI KEUANGAN HINGGA PENERIMAAN SISWA BARU
Unit ini melayani administrasi di lingkup Playgrup, TK, dan SD, serta sebagian fungsi administrasi dari unit sekolah SMP INS (Indonesia Natural School Junior High).
Untuk informasi apapun tentang sekolah, orangtua akan dibantu dengan cepat dan ramah. Pendaftaran siswa baru, pembayaran biaya sekolah (spp, catering, jemputan, dll), info/event kegiatan sekolah, parenting, logistik, hingga pengaturan kepulangan sekolah dilakukan dari ruangan ini.
Adakalanya sekolah menerima visit atau kunjungan dari kolega guru sekolah lain dalam program studi banding. Juga menerima mahasiswa dari berbagai universitas untuk belajar atau meneliti.
Kegiatan yang paling sibuk adalah saat waktu penerimaan siswa baru. Mengatur waktu dan persiapan sit in untuk calon siswa Play Grup.
Melaksanakan test dan wawancara orangtua calon siswa TK dan SD. Serta akhirnya menyelesaikan seluruh tahapan penerimaan siswa baru.
PELAYANAN DENGAN SISTEM VIRTUAL
Kini kita masuk era teknologi 4.0. Karena itu, kegiatan informasi dan publikasi sekolah akan ditingkatkan. Salah satunya, dengan memperbaiki website ini agar menjadi sarana komunikasi yang lebih baik.
Pengelolaan bidang Keuangan telah menerapkan sistem keuangan/pembayaran model virtual banking, yang bersifat mempermudah, aman dan paperless. Dan akan ditingkatkan terus dalam suatu program terintegrasi tentang data siswa dan aktifitasnya.
Harapannya, agar lebih praktis mudah, cermat, dan efektif; bagi orangtua maupun sekolah.
Jangan lupa senyumnya ya saat berkomunikasi dengan para orangtua dan tamu …
Lihat tulisan tentang unit lain: LSD – Learning Support Department