Visi
Berpengetahuan dan berkehidupan berdasar ketuhanan dan kemanusiaan untuk mengembangkan potensi kecerdasan melalui proses pendidikan natural, demi menguatkan kebangsaan di tengah interaksi global.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan berbasis kecerdasan majemuk dan pembelajaran minat (multiple intelligent & interest curiosity-based learning) untuk memperkuat konsep diri dan potensi kecerdasan
- Memberi pembelajaran sesuai kurikulum nasional dengan pengayaan dan pendalaman sesuai minat siswa
- Menyediakan sarana untuk mengembangkan life skills, kognitif, afektif dan psikomotorik, serta pertumbuhan sosial berdasarkan usia anak
- Mengembangkan proses belajar yang dilangsungkan dengan kepedulian dan pencermatan yang multikultur dan humanis
- Mempraktikkan proses pembelajaran aktif yang mendorong sikap belajar sesuai gaya dan karakteristik siswa
- Merealisasikan pemerdekaan pendidikan dengan semangat kebangsaan, demi menumbuhkan sikap tanggung jawab terhadap diri dan lingkungan yang majemuk
- Menggali konsep diri sebagai anak bangsa yang mempelajari secara terus menerus sejarah dan kekayaan alam dan budaya bangsa serta nilai ke-Indonesia-an.
- Mewujudkan sekolah sebagai rumah pendidikan karakter Indonesia
Desain Belajar yang Natural
Desain Belajar
- Observation and describing, mengamati benda sesungguhnya, mendeskripsikan fakta dan asumsi
- Questioning and analyzing, mempertajam pemahaman melalui latihan bertanyan dan reka imajinasi
- Exploring, membuktikan teori dari ragam sumber, melakukan uji coba, eksperimen, dan menggali informasi dari narasumber
- Creating and produce, membuat dan memproduksi karya
- Share, show and tell, berbagi dan mempresentasikan karya
Manajemen Kelas
1. | Quantum Teaching: AMBAK, TANDUR |
2. | Quantum Learning |
3. | Penyusunan layout ruang dan alur gerak siswa |
4. | Grouping (klasikal, individual, grouping) |
5. | Outdoor/indoor methode |
Manajemen Anak
1. | Brain based learning (otak kiri, otak kanan) |
2. | Keseimbangan IQ, EQ, SQ |
3. | Mengenali gaya belajar anak (kinestetik, auditori, visual) |
4. | Hipocrates (colour anak: sanguin, koleris, plegmatis, melankolis) |
5. | Penelusuran minat bakat |
6. | Developmentally Appropriate Program (DAP) – kesesuaian pertumbuhan anak |
7. | Assesment dan Evaluasi |
School Beliefs
Dimensi ketuhanan
- Iman, percaya kepada Allah SWT
- Islam, pasrah kepada Allah SWT atas seluruh hikmahnya
- Ihsan, sadar bahwa Allah SWT hadir dan berada bersama kita
- Taqwa, Allah SWT selalu mengawasi kita
- Ikhlas, berbuat demi mencari ridha Allah SWT
- Tawakal, bersandar hanya kepada Allah SWT
- Sabar, tabah menghadapi persoalan, lahir dan batin
- Syukur, penuh terima kasih dan penghargaan atas nikmat-Nya
Dimensi Kemanusiaan
- Silaturahmi, perhatian dan rasa kasih antara sesama
- Ukhuwah, semangat persaudaraan, tidak merendahkan golongan, tidak menghina dan tidak berprasangka buruk
- Persamaan, harkat dan martabat manusia sama dan setara, sedankan tinggi rendahnya hanya dalam taqwa
- Adil, wawasan yang seimbang
- Husnudzon, berbaik sangka
- Tawadhu’, rendah hati karena Allah SWT yang Maha Tahu dan Maha Berilmu
- Tepat janji, selalu siap memenuji janji
- Lapang Dada, sikap terbuka toleran dan siap bermusyawarah
- Amanah, diri yang dapat dipercaya sebagai konsekuensi dari keimanan
- Perwira, sikap bermartabat dan memiliki harga diri
- Hemat, tidak boros dan tidak kikir dalam menggunakan harta di jalan kebaikan
- Dermawan, siap menolong sesama yang kesusahan