Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Kebun Raya Bogor merupakan tujuan pertama dari rangkaian hiking LSD di tahun ajaran ini. Tempat ini merupakan kawasan pelestarian tumbuhan yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun. Luas, hijau dan sejuk itu kesan pertama kami tiba di tempat ini. 

Di Kebun Raya Bogor teman-teman hebat diajak untuk mengenal berbagai jenis tanaman yang dilestarikan di sana. Menyusuri sepanjang jalan sambil menghirup udara segar. Rasanya nikmat sekali. Kami pun mampir di Museum Zoologi yang kaya dengan fosil-fosil hewan yang hidup di Indonesia. Ternyata negara kita punya beranekaragam kekayaaan hayati dan hewani! 

Banyak manfaat dari kegiatan hiking ini. Teman-teman hebat diajak untuk melakukan terapi sensori integrasi. Melewati berbagai jenis medan yang berbeda akan menguatkan kemampuan alat gerak, menajamkan kekuatan mata dan gerak refleks. Semua indera dikerahkan untuk menemukan pengalaman baru. Indera penglihatan disuguhi dengan rindangnya pepohonan. Nikmatnya duduk di atas rerumputan menajamkan indera peraba.

Pengalaman itu akan mengembangkan sinaps-sinaps di otak. Semakin kenyang dengan hal-hal baru banyak sinaps yang terbentuk. Secara tidak langsung, penambahan jumlah sinaps tersebut akan membantu proses belajar di kelas. 

Bayangkan bahwa belajar tak melulu di kelas. Berkutat dengan alat tulis, menghafal, menulis berlembar-lembar itu tidak dipungkiri akan menuai kebosanan. Belajar menyenangkan adalah belajar bersama alam. Mensyukuri setiap apa yang diberikanNya kepada kita. Mengamati bahwa setiap yang diciptakanNya itu penuh manfaat. 

 

Nurul - teacher who love child

 

Add comment

Copyright ©2018 Tim Medsos Semut-Semut the Natural School. All Rights Reserved

WhatsHelp Chat Button